Tidak Keramas Baik Untuk Kesehatan, Benarkah?

Tidak Keramas Baik Untuk Kesehatan, Benarkah?


BADROL27 - Salah satu selebriti ternama Indonesia Kim Kandarshian mengaku telah berhenti mencuci rambut rutin dengan shampo. Hal itu dilakukannya dengan dasar bahwa deterjen dalam shampoo dapat mengikis minyak alami rambut. Tapi apakah langkah tersebut bisa menjadi tren sehat?

Kandarshian juga menyatakan bahwa ia mencuci rambut 5 kali sehari. Tapi apakah itu benar-benar bisa baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala? Jawabn tersebut tergantung jenis kepala yang Anda punya, kata ahli kulit dan rambut.

“Langkah tersebut tidak cocok untuk semua kondisi. Itu memang tergantung dari jenis kulit kepala Anda. Memang ada beberapa jenis rambut yang bisa menolerir cara tersebut, tapi ada juga yang tidak bisa,” kata Dr Angela Lamb, Direktur Westside Mount Sinai Dermatology di New York City.

Sejatinya rambut terdiri dari protein dan pada setiap akar rambut terdapat kelenjar minyak yang berfungsi sebagai mantel rambut dan melindungi rambut agar tidak mudah rapuh, kata Lamb. Pemikiran di balik tren tanpa sampo tersebut adalah untuk menjaga minyak alami pada rambut.

Namun, ada alasan lain mengapa seseorang harus menggunakan sampo berdeterjen secara teratur. Dr Robert Dorin, ahli bedah transplantasi rambut di New York City, mengatakan bahwa kulit kepala di bawah rambut perlu dibersihkan dari minyak, keringat yang mongering, kotoran, dan sel kulit mati.

“Mencuci rambut tanpa menggunakan sampo tidak akan maksimal membersihkan kulit kepala. Yang ada mereka akan beresiko terkena infeksi jamur dan bakteri, juga resiko kulit kepala teriritasi, mengelupas, bahkan muncul jerawat,” tambah Dr Dorin.


Sumber:
okezonelifestyle



Baca Juga:


Post a Comment

Previous Post Next Post