Apakah Lidah Anda Berbulu? Jangan Panik, Ini Dia Penyebabnya

Apakah Lidah Anda Berbulu? Jangan Panik, Ini Dia Penyebabnya


BADROL27 - Kembali lagi bersama kami hari in. bagaimana kabar Anda semua? Sudahkan melakukan pola hidup sehat atau hanya sekedar berolahraga 15 menit sehari untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar?? Tidak hanya cukup dengan berolahraga, penyakit bisa juga datang apabila Anda jarang menjaga esehatan anggota tubuh Anda, salah satunya adalah lidah Anda akan berbulu jika Anda tidak menjaganya.

Laaahh,,, Kok bisaa..?? Iya benar teman-teman semua. Agak sedikit aneh terdengar memang, bahkan terdengar menggelikan, tapi kondisi ini ternyata dapat terjadi. Mungkin Anda membayangkan bulu yang tumbuh di lidah seperti bulu halus di kulit atau layaknya rambut. Tapi sayangnya bukan demikian, lidah berbulu tidak seperti yang Anda bayangkan.

Nyatanya, bulu di lidah agak sedikit berbeda. Lidah berbulu terlihat seperti benjolan tajam yang sebenarnya itu adalah lidah yang pecah-pecah. Lalu sebenarnya, apa yang membuat kondisi aneh ini terjadi? Berikut ini kami sajikan beberapa ulasan singkat tentang bulu lidah. Langsung saja kita simak uraian singkat berikut ini...

Apa itu lidah berbulu?

Lidah berbulu adalah kondisi medis yang terjadi saat permukaan lidah berubah warna dan terlihat banyak bulu. Meskipun membayangkan kondisi ini cukup menggelikan dan membuat Anda tidak nyaman, tapi kondisi ini sama sekali tidak berbahaya.

Orang yang mengalami lidah berbulu sebenarnya tidak benar-benar meiliki bulu di lidahnya. Bulu yang dimaksud dalam hal ini adalah tonjolan-tonjolan kecil di permukaan lidah yang mengalami perubahan warna dan ukuran. Jadi, seakan-akan terlihat seperti ada bulu yang tumbuh di atas permukaan lidah.

Tonjolan tersebut bisa tumbuh hingga 18 mm dan dapat berubah warna menjadi coklat dan kehitaman. Dalam keadaan normal, kumpulan tonjolan ini disebut papilla. Pada lidah, terdapat berbagai jenis papilla yang berwarna merah muda dan mengandung saraf pengecap. Salah satunya papilla filiform yang menyebar di seluruh permukaan lidah.

Namun, orang denga kondisi lidah berbulu umumnya mengalami masalah pada papilla filiform dan terjadi penumpukan keratin pada bagian tersebut. Ditambah lagi dengan sisa makanan dan bakteri yang menumpuk di area yang sama, sehingga membuat papilla filiform berubah warna hingga terlihat seperti bulu.

Apa penyebabnya?

Tidak diketahui pasti penyebab lidah berbulu, tetapi ada beberapa faktor yang mebuat kondisi ini muncul.

Salah satunya adalah penerapan diet makanan lunak. Diet ini membuat orang yang melakukannya tidak mendapat cukup rangsangan pada papilla, sehingga lama-kelamaan saraf kehilangan kemampuannya.

Makanan akan menumpuk pada bagian lidah itu dan mengundang bakteri juga ikut tumbuh. Hal itu kemudian membuat lidah Anda seperti berbulu.

Akan tetapi, bukan hanya karena faktor ini saja, ada beberapa faktor lain yang membuat lidah Anda berbulu, yakni:
  • Kebersihan rongga mulut yang kurang terjaga.
  • Penggunaan zat tertentu, seperti rokokm konsumsi alkohol yang berlebihan, kopi atau teh.
  • Mulut kering atau dehdrasi
  • Beberapa obat-obatan, misalnya antibiotik, atau obat asam lambung

Gejala lidah yang berbulu
  • Warna lidah berubah
  • Terdapat sensasi terbakar di lidah
  • Ada rasa geli di atas mulut saat menelan makanan
  • Bau mulut atau di kenal sebagai halitosis
  • Ada rasa logam atau besi di mulut.
  • Mual, adanya rasa tidak nyaman yang Anda rasakan di rongga mulut juga bisa membuat mual sehingga selera makan menurun.

Cara mengatasi lidah berbulu

Lidah yang jadi bebulu seringnya hanya timbul sementara dan biasanya ini bukan pertanda masalah yang serius. Jadi Anda tidak perlu panik berlebih karena ini bukanlah hal yang serius yang dapat membahayakan tubuh Anda. Namun, biasanya pemicu timbulnya lidah berbulu ini adalah hasil dari kebiasaan seumur hidup seperti merokok. Jadi, kebiasaan seperti ini yang pastinya perlu dihindari terlebih dahulu.

Nah teman-teman, itulah seit ulasan singkat tentang lidah yang berbulu. Bagaimana, apakah Anda sudah paham dengan kondisi lidah yang berbulu?? Tentu bukan seperti yang Anda bayangkan buka?? Tetaplah menjaga kondisi kesehatan tubuh Anda termasuk lidah. Semoga artikel ini bermanfaat..!! 



Baca Juga:


Post a Comment

Previous Post Next Post