Perbanyak Minum Air Putih, Ini Dia 4 Solusi Jika Sembelit Anda Masih Tidak Sembuh

Perbanyak Minum Air Putih, Ini Dia 4 Cara Jika Sembelit Anda Masih Tidak Sembuh

BADROL27 - Siapa yang tidak pernah mengalami sembelit? Sembelit seringkali dialami oleh banyak orang. Penyebabnya pun bermacam-macam, sehingga perlu dicarikan solusinya dengan cepat.

Sembelit atau konstipasi biasanya seringkali disebabkan oleh kekurangan serat dalam proses diet. Konstipasi juga terjadi sebagai akibat dari kurangnya berolahraga atau efek samping dari sejumlah obat-obatan.

Semua orang tentu pernah mengalami kondisi semacam ini dari waktu ke waktu, tetapi kabar baiknya adalah ada banyak pengobatan alami yang aman dan ringan untuk meredakan sekaligus mencegah konstipasi.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sembelit yang sedang Anda alami.

1. Perbanyak Minum Air Putih
Tinja yang kering dank eras merupakan penyebab konstipasi yang sangat lumrah, jadi semakin banyak air putih yang Anda minum, maka akan semakin mudah Anda mengeluarkannya. Memperbanyak minum air putih sangat penting khsususnya jika Anda meningkatkan asupan serat dalam diet Anda.

Hindari mengonsumsi  minuman yang mengandung kafein atau beralkohol saat Anda mengalami konstipasi. Hal ini malah akan memperparah konstipasi Anda.

2. Konsumsi Tanama Herbal
Ada beberapa tanaman herbal ringan yang memiliki efek laksatif dan dapat melunakkan tinja. Tanaman ini adalah psyllium, flaxseed, dan fenugreek. Anda seringkali bisa menemukan suplemennya dalam bentuk kapsul, tablet, atau bubuk di toko makanan sehat, dan beberapa apotek. Beberapa diantaranya juga tersedia dalam bentuk teh. Minumlah bahan ini dengan banyak air putih.

3. Makan Lebih Banyak Serat
Serat adalah asama laktatif alami. Serat dapat meningkatkan kandungan air dalam tinja dan memadatkannya. Sehingga tinja lebih mudah dikeluarkan dan dapat melewati usu besar dengan mudah.

Serat juga dapat menurunkan jumlah obat yang terabsorpsi oleh tubuh Anda. Minumlah obat paling tidak satu jam sebelum makan makanan berserat atau dua jam setelahnya.

4. Makan Buah Prune
Buah prune merupakan buah yang kaya akan serat. Buah ini mengandung sorbitol, yaitu suatu gula yang dapat melunakkan tinja sehingga secara alami dapat membantu meredakan konstipasi. Sorbitol merupakan stimulant usus ringan yang membantu mengurangi waktu transit tinja dan menurunkan resiko konstipasi.

Namun, perlu Anda ingat bahwa jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Prune akan mulai bekerja dalam beberapa jam saja. Membiarkan satu gelas jus prune melalui usus Anda adalah hal yang penting sebelum minum segelas lagi, atau Anda akan beresiko terkena diare.

5. Hindari Keju dan Produk Olahan Susu
Keju dan produk olahan susu biasanya mengandung laktosa yang sensitif bagi beberapa orang. Jika Anda mengalami masalah konstipasi, kuragilah mengonsumsi keju, susu, dan sebagian besar produk olahan susu lainnya dari diet hingga Anda merasa lebih baik.

Pengecualiannya adalah youghurt, terutama yoghurt yang mengandung probiotik hidup. Karena youghurt jenis ini telah terbukti dapat membantu pengeluaran tinja yang lebih sering dan bisa mengurangi rasa sakitnya.



Baca Juga:


Post a Comment

Previous Post Next Post