5 Manfaat Luar Biasa Rutin Menggunakan Anak Tangga


5 Manfaat Luar Biasa Rutin Menggunakan Anak Tangga
BADROL72 - Secara tidak sadar, menaiki anak tangga merupakan olahraga kecil yang menyehatkan tubuh tanpa Anda sadari. Membiasakan diri menggunakan anak tangga bisa membantu mencegah resiko kematian dini. Bahkan, naik anak tangga bia menurunkan resiko itu hingga 33 persen.

Efek menaiki anak tangga sama halnya dengan berolahraga. Bahkan, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan rutin menaiki anak tangga tanpa Anda sadari.
Berikut ini lima manfaat menaiki anak tangga dikutip dari klikdokter.com.

1. Mengencangkan Tubuh
Ketika Anda menaiki anak tangga, otot quadriceps, hamstring dan betis akan mengencang. Jal ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang pekerjaannya cenderung menyebabkan gaya hidup sedentary.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Manfaat kedua dari menaiki anak tangga adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena kegiatan menaiki anak tangga secara otomatis melatih kesehatan kardiovaskular sehingga dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung.

3. Membakar Kalori
Ketika Anda melakukan olahraga naik turun anak tangga, tubuh akan bekerja lebih keras saat Anda bergerak kea rah berlawanan dari gravitasi. Hal itu akan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak. Menurut sebuah studi, kalori akan lebih banyak terbakar saat menaiki tangga ketimbang jogging.

4. Meningkatkan Mood
Perlu Anda ketahui, berlatih menggunakan anak tangga ternyata bisa mengingkatkan produksi Endorfin sehingga Anda terhindar dari stress akibat tumpukan pekerjaan dan berbagai masalah lainnya.

5. Bisa dilakukan di mana sajaAnda tak perlu membayar mahal untuk bisa melakukan olahraga naik turun tangga. Anda pun tak perlu menggelar alas untuk melakukan latihan ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah undak-undakan atau tangga terdekat yang bisa Anda temukan di sekeliling atau di rumah.

Yaaaps, berlatih menaiki anak tangga di kantor ataupun di rumah mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Hanya saja, bagi Anda yang memang memiliki masalah pada lutut, sebaiknya hindari latihan ini atau lakukan konsultasi lebih dengan dokter karena hal ini malah akan membahayakan kesehatan Anda.



Baca Juga:


Post a Comment

Previous Post Next Post