Cara Mengatasi Gusi Bengkak Tanpa Obat

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Tanpa Obat yang Mudah dilakukan

BADROL27 - Gusi yang bengkak biasanya ditandai oleh adanya bagian gusi yang mengalami pembesaran, menonjol dan menggelembung. Kondisi ini bisa jadi merupakan tanda awal dari peradangan gusi yang bersifat kronis. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami kondisi yang demikian, perlu bagi Anda untuk segera mengatasinya dengan cepat.

Penyebab gusi bengkak biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti sisa-sisa makanan, Hormon, obat-obatan, iritasi, tumpukan plak (karang gigi) dan kekurangan vitamin.

Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Kompres dengan Es atau Air Hangat


Apabila gusi Anda menjadi bengkak tanpa disertai nyeri yang berdenyut, Anda bisa melakukan kompres pada gusi dengan menggunakan es batu. Rasa dingin dari es batu akan membantu Anda mengurangi pembengkakan pada gusi.

Sedangkan, bila gusi Anda membengkak disertai dengan nyeri berdenyut, Anda bisa mengompres gusi Anda dengan air hangat.

2. Kumur dengan Air Garam

Air garam dikenal dapat membantu mengatasi peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan gusi menjadi bengkak. Caranya, larutkan garam pada air lalu gunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur.

3. Hindari Penyebab Iritasi

Apabila Anda mengalami gusi bengkak, maka sangat disarankan bagi Anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan iritasi, seperti meminum minuman beralkohol atau merokok. Dengan menghindari hal tersebut, maka itu dapat mengurangi tingkat iritasi yang terjadi pada gusi Anda.

Caraa-cara di atas merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi gusi yang bengkak. Namun, Anda juga perlu mendukung kesehatan mulut, khususnya gusi dengan upaya pencegahan agar senantiasa gusi Anda selalu sehat.

Selain itu, sangat penting juga bagi Anda untuk mengunjungi dokter gigi paling tidak enam bulan sekali. Dalam penanganan dokter gigi, Anda bisa melakukan prosedur Scalling untuk membersihkan karang di gigi Anda.

Anda juga perlu menjaga kesehatan gusi dengan asupan nutrisi yang cukup melalui konsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi. Hal ini sangatlah penting, karena dengan terpenuhinya beragam nutrisi penting dalam tubuh, maka kesehatan mulut khusunya gigi dan gusi akan selalu sehat.



Baca Juga:


Post a Comment

Previous Post Next Post