Simak 4 Cara Mudah Melihat Penyakit Melalui Warna Lidah

Simak 4 Cara Mudah Melihat Penyakit Melalui Warna Lidah


BADROL27 - Lidah merupakan salah satu indera pengecap yang sangat penting. Lidah memiliki fungsi untuk membedakan berbagai macam rasa makanan serta minuman. Oleh karena itu, lidah bisa membedakan rasa manis, asam, pahit dan asin pada saat mencicipi makanan atau minuman.

Namun, di balik itu semua perlu Anda ketahui bahwa lidah tidak hanya berfungsi sebatas itu saja, tetapi lidah juga berfungsi untuk mendeteksi gejala penyakit. Penyait yang dideteksi lidah umumnya mulai dari kesehatan pencernaan, infeksi, kurangnya nutrisi tubuh dan lain sebagianya.

Selain itu, bentuk lidah, lapisan lidah, warna dan tekstur lidah juga dapat membantu mengonfirmasi dan diagnosis kesehatan tubuh. bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja. Berikut ulasan singkat yang telah kami rangkum untuk Anda. Langsung saja simak ulasannya.

1. Bentuk Lidah

Pertama kita mulai dari bentuk lidah. Tahukan Anda bahwa bentuk lidah yang bengkak ternyata dapat menunjukkan kurangnya nutrisi dalam tubuh. penyakit lain yang terdeteksi melalui bentuk lidah adalah tersumbatnya aliran darah dan penumpukan racun yang bersarang di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, Lidah yang sangat tipis ternyata juga bisa menandakan bahwa Anda sedang  mengalami dehidrasi atau kondisi kesehatan kronis.

2. Lapisan Lidah

Lapisan lidah yang normal adalah tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Memiliki lapisan yang tebal bisa menandakan Anda memiliki kesehatan usus yang buruk. Sedangkan lidah yang terlalu tipis bisa berarti kekurangan cairan pada tubuh.

Lapisan lidah berwarna kuning menandakan suhu tubuh Anda yang sedang panas atau adanya infeksi di dalam tubuh Anda. Sedangkan lapisan lidah berwarna abu-abu menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan keseatan tubuh Anda.

Apabila Anda juga melihat lapisan lidah Anda berwarna putih tebal, makaini menandakan Anda sedang mengalami kedinginan atau infeksi. 

3. Warna Lidah

Warna merah pada lidah dapat menandakan panas dalam suhu tubuh, seperti demam atau ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan perubahan suhu tubuh.

Sementara lidah yang berwarna ungu maka ini dapat menandakan bahwa telah terjadi sesuatu pada peredaran darah, peradangan, atau infeksi dalam tubuh Anda.

Terakhir, lidah yang berwarna pucat menandakan bahwa Anda kekurangan energi. Hal ini umum terjadi pada penderita anemia di mana sistem kekebalan tubuh yang sering lemah.

4. Tekstur Lidah

Benjolan yang berada di atas lidah bisa menjadi pertanda peringatan infeksi bakteri, virus, atau reaksi alergi terhadap makanan dan obat-obatan.

Sariawan lebih sering muncul di bagian bawah lidah, dan dapat diidentifikasi dengan munculnya garis bulat berwarna merah, kuning atau putih.

Selain itu, lidah yang keriput memiliki lekukan atau kerutan, kondisi yang sebenarnya tidak berbahaya. Tetapi hal ini dapat menyebabkan Anda kesulitan menjaga lidah tetap bersih.

Nyeri pada permukaan lidah hingga berwarna putih abu-abu menandakan bahwa ada gangguan selaput lender yang disebabkan oleh iritasi. Hal ini bisa diakibatkan oleh gigi palsu,gigi tambahan atau penggunaan tembakau.

Perih atau gumpalan pada satu sisi lidah bisa menjadi tanda kanker. Jika merasakan rasa panas, rasa sakit, kehilangan sensasi, atau ketidakmampuan untuk menggerakkan lidah dengan baik.  Anda harus segera memeriksakan ke dokter.

Itulah beberapa uraian singkat tentang cara melihat penyakit melalui warna lidah. Apabila terdapat gejala di atas pada lidah Anda maka segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat..



Baca Juga:


Post a Comment

Previous Post Next Post