Manfaat Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dan Kandungan Gizinya

Manfaat Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dan Kandungan Gizinya


Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat dan di dalam makanan yang sehat terdapat asupan gizi yang kuat pula. Itulah peribahasa yang sering kita dengarkan sehari-hari. Kalimat itu bisa kita gambarkan untuk memenuhi asupan gizi sehari-hari. Salah satunya adalah dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan bentuk atau pedoman serta konsep dengan pola makan yang sehat dan baik, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi pada tubuh, sehingga tubuh akan menjadi sehat dan memiliki kekebalan tubuh agar terhindar dari segala penyakit.

Berikut ada beberapa macam makanan 4 sehat 5 sempurna yang kaya akan gizi dan nutrisi dan sangat baik dikonsumsi bagi tubuh

1.  Makanan Pokok

Makanan pokok merupakan suatu hal yang paling utama untuk dikonsumsi dalam memenuhi kebutuhan gizi tubuh sehari-hari, karena makanan pokok mengandung karbohidrat yang berguna bagi tubuh. Adapun macam-macam makanan pokok yakni sebagai berikut.

  • Nasi
Nasi merupakan makanan pokok yang paling sering dikonsumsi. Hal ini dikarenakan nasi memiliki asupan kaya akan karbohidrat serta memiliki kandungan gula yang berguna untuk memberikan energi pada tubuh untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

  • Jagung
Jagung juga memiliki kandungan kaya akan karbohidrat yang tinggi serta mengandung antioksidan. Jagung juga dipercaya kaya akan betacaroten dan merupakan sumber asam lemak esensial linoleat.

  • Sagu
Sagu juga merupakan makanan yang memiliki asupan karbohidrat yang cukup tinggi serta memiliki kadar gula dan lemak yang rendah. Sehingga mengkonsumsi sagu cocok bagi seseorang yang terkena penyakit diabetes.

    Singkong
    Umbi-umbiyan
    Kentang
    Gandum

2.  Lauk Pauk

Lauk pauk merupakan makanan sekunder atau makanan pendamping untuk makanan pokok yang berfungsi sebagai asupan pembangun bagi tubuh karena lauk pauk memiliki kandungan yang kaya akan protein. Dengan kata lain, lauk pauk bisa diartikan sebgai pelengkap makanan pokok. Ada berbagai macam jenis lauk pauk, namun pada umumnya lauk pauk yang kita konsumsi berupa daging (ayam, ikan, kambing, sapi), telur, serta tahu dan tempe.

3.  Sayur-sayuran

Sayur-sayuran merupakan sesuatu hal yang sangat penting, karena sayur-sayuran selain memiliki  vitamin dan serat juga memiliki sumber asupan mineral. Selain itu sayur-sayuran juga memiliki kandungan kalium yang bermanfaat dalam menjaga proses metabolisme tubuh serta dapat mencegah hipertensi pada tubuh, yang pada intinya sayur-sayuran bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Adapun jenis sayuran yang sehat serta bagus untuk dikonsumsi yakni seperti bayam, sawi, wortel, kangkung, kacang panjang, kol, lobak, dan sayuran lainnya. Disarankan dalam setiap hari hendaknya dapat mengkonsumsi sayuran berwarna hijau seperti bayam, sawi, kangkung dan sebagainya, karena sayuran yang berwarna hijau pada umumnya terdapat kandungan yang kaya akan antioksidan yang dapat mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, namun tidak menutup kemungkinan kita juga mengkonsumsi sayuran yang lain yang memiliki kandungan vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya.

4.  Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan juga sangat begitu penting, dikarenakan buah juga memberikan asupan vitamin dan mineral yang tinggi yang berguna untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan tubuh. Di dalam buah-buahan juga terkandung  zat antioksidan yang memiliki fungsi penting dalam melindungi dari serangan radikal bebas dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa bahaya dari serangan radikal bebas, yakni dapat merusak kesehatan kulit, resiko hipertensi, gangguan kerja ginjal, serangan jantung serta menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Adapun buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin, serat dan mineral yang sering dikonsumsi adalah seperti jeruk, nanas, apel, manggis, semangka, anggur, alpukat, pisang, dan lainnya.

Secara umum mengkonsumsi buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, yakni seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit serta menjadikan kulit lebih bersinar, menjaga kesehatan dalam pencernaan hingga dapat menjaga kesehatan jantung, serta manfaat lainnya yang terkandung dalam masing-masing buah.

5.  Susu

Sebagai penyempurna, susu sangatlah bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang karena memiliki kalsium yang bagus untuk tulang, serta memberikan energi bagi tubuh untuk menjalankan aktifitas.

Pada umumnya susu yang sering kita konsumsi ialah susu dari protein hewani yakni seperti susu sapi. Namun selain itu kita juga dapat mengkonsumsi susu dari protein nabati yang juga memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh, misalnya seperti susu kedelai.

Secara umum, makanan 4 sehat 5 sempurna memiliki kandungan berupa karbohidrat, protein, mineral, serat, vitamin, dan lemak tak jenuh.

Dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, maka kita telah menerapkan pola hidup sehat serta dapat menjadi solusi atas terpenuhinya kebutuhan harian tubuh kita dengan baik seperti mineral, vitamin, protein serta karbohidrat yang bagus untuk kesehatan tubuh.


Ada banyak manfaatnya ketika kita mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, manfaat tersebut yakni.


  • Makanan Pokok

Selain mengenyangkan makanan pokok memiliki juga memiliki manfaat dalam menambah energi atau tenaga dikarenakan kandungan karbohidrat yang terkandung didalamnya, dan dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, serta dapat menjaga keseimbangan hormon, memproduksi sel DNA dan dapat mengendalikan kolesterol yang jahat.


  • Lauk Pauk

Manfaat dari lauk pauk yakni dapat membantu proses perkembangan otak dan dapat memperkuat jaringan otot serta mengatur keasaman PH dalam tubuh.


  • Sayur-sayuran

Ada banyak manfaat dalam sayur-sayuran, yakni: menyehatkan tulang, mencegah kanker, menyehatkan kulit, menyehatkan rambut, menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan sehingga mudah untuk BAB, serta dapat mengatasi wasit dan sembelit.


  • Buah-buahan

Mengkonsumsi buah dapat menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan mata, melancarkan pencernaan, melawan radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah peradangan dan  masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan buah-buahan.


  • Susu

Susu merupakan penyempurna dari 4 makanan sehat diatas yang memiliki manfaat dapat menambah energi, serta bermanfaat pada kesehatan dan pertumbuhan tulang. Dan masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan dari susu, karena susu bukan hanya dari hewani saja melainkan ada juga dari nabati.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa manfaat mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna sangatlah baik bagi kesehatan tubuh kita. Sehingga dalam mengkonsumsi makanan yang perlu kita lakukan dan perhatikan adalah mengkonsumsi jenis dan macam makanan yang memiliki kandungan 4 sehat 5 sempurna agar dapat memberi asupan gizi dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai makanan 4 sehat 5 sempurna yang memiliki kandungan gizi serta manfaat yang luar biasa yang harus kita konsumsi dalam kebutuhan sehari-hari.




Baca Juga:


1 Comments

Previous Post Next Post