Ladies, Kenali 7 Penyebab Kulit Kusam Sehabis Liburan

Kenali 7 Penyebab Kulit Kusam Sehabis Liburan

BADROL27 - Kembali ke aktivitas semula setelah liburan mungkin membuat beberapa perbedaan pada tubuh Anda. Salah satunya adalah kulit yang menjadi kusam lantaran terpapar sinar matahari dan kelelahan selama berlibur.

Ada beberapa penyebab kulit kusam. Anda tidak perlu khawatir sebab kondisi ini dapat diatasi. Berikut ulasannya.

1. Kulit kusam karena terpapar sinar matahari
Selama liburan, tentu anda sering beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama. Entah itu mengunjungi objek wisata, berenag di pantai dan berbagai aktivitas lainnya. Hal ini tentu menyebabkan kulit Anda terus menerus terpapar sinar matahari sehingga mengakibatkan hiperpigmentasi yang ditandai dengan bintik-bintik berwarna hitam.

Untuk mengatasinya gunakan selalu tabir surya saat hendak beraktivitas di luar ruangan. Sedangkan untuk perawatan kulit kusam cobalah menggunakan produk yang mengandung retinol setiap malam.

2. Kulit kusam karena kurang asupan mineral
Selama liburan, kebanyakan orang cenderung makan sesuka hati. Mereka tidak memperhatikan kandungan vitamin dan mineral makanan yang di konsumsinya.

Padahal, mineral sangat penting untuk membntuk antioksidan alami tubuh yang melindungi komponen kulit agar tetap sehat dan bercahaya. Sebagai solusi, cobalah untuk minum multivitamin setiap hari yang mengandung selenium, tembaga, besi dan seng.

3. Kulit kusam karena mengalami dehidrasi
Tanpa kelembapan, kulit terlihat kusam. Salah satu pemicunya adalah dehidrasi. Hilangnya dehidrasi dari bawah permukaan kulit dapat menyebabkan penurunan ketebalan kulit.

Untuk mengatasinya, cobalah gunakan serum yang mengandung asam hialuronat saat kulit masih dalam kondisi basah. Kemudian gunakan pelembap dengan emolien kuat seperti cetyl alcohol atau dimethicone.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan dehidrasi tubuh. Minumlah sedikitnya dua liter air atau delapan gelas setiap harinya.

4. Karena stress
Ini biasa terjadi karena tumpukan pekerjaan, pertengkaran dengan kerabat, maupun kurang tidur. Rasa stress ini turut mempengaruhi kulit sehingga menjadi kusam. Cobalah untuk bersantai sedikit guna menghilangkan stress yang Anda alami.

Cobalah pijat wajah dengan cepat sambil membersihkan atau mengoleskan pelembap. Cara ini dapat menstimulasi aliran darah yang akan menambah kilau dan menyuburkan kulit.

5. Sel kulit mati
Untuk menghilangkan sel kulit mati, gunakan lulur gula atau jojoba ester yang bertekstur kasar pada kulit. Anda juga bisa menggunakan lidah buaya dan teh hijau untuk mengangkat sel kulit mati serta meminimalkan resiko iritasi.

6. Masalah hormon
Saat kadar hormon berfluktuasi karena pubertas, menopause, obat-obatan, atau keadaan tak terkendali lainnya, kondisi itu dapat mempengaruhi penamplan kulit termasuk membuatnya tampak kusam.

Untuk mengatasinya, cobalah gunakan masker tanah liat dan berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan perawatan yang tepat.

7. Kesalahan perawatan kulit
Meskipun Anda rutin menggunakan produk perawatan kulit namun cenderung malas membersihkan kulit sehabis berpergian, hal itu dapat membuat kulit Anda terpapar radikal bebas. Radikal bebas ini dapar merusak kolagen dan merangsang produksi pigmen berlebih yang pada akhirnya membuat kulit kusam.

Oleh sebab itu, rajinlah mencuci wajah terutama sebleum tidur. Jangan lupa gunakan serum dan lotion yang mengandung antioksidan setelah membersihkan wajah guna mengurangi resiko kerusakan kulit.



Baca Juga:


Post a Comment

Previous Post Next Post